Sponsor

Headlines News :
Home » » Pterosaurus, Naga Dalam Film Avatar

Pterosaurus, Naga Dalam Film Avatar

Written By Unknown on Minggu, 21 September 2014 | 01.18


Pterosaur

Masih ingatkah Anda dengan film Avatar? Bukan hanya cerita yang menarik, film fiksi ilmiah arahan James Cameron ini menampilan puluhan hewan eksotis. Terinspirasi dari kisah Avatar itu, ilmuwan asal Cina akhirnya memutuskan menamai fosil dinosaurus terbang pterosaurus dengan nama Ikran, naga dalam film tentang planet Pandora itu.

Fosil pterosaurus jenis baru ini ditemukan di sebuah galian di Provinsi Liaoning, Cina. Lebar sayap fosil pterosaurus tak kurang dari 2,5 meter. Kelompok pterosaurus diperkirakan telah hidup sejak 120 juta tahun lalu.


Ahli paleontologi dari Institut Paleontologi Vertebrata dan Paleoantropologi Akademi Ilmu Pengetahuan Cina, Xialoin Wang, menuturkan Ikran dan pterosaurus sama-sama memiliki kantong di bawah tenggorokannya. Hanya saja, kantong Ikran dalam Avatar terkesan kuat, sedangkan milik pterosaurus mirip seperti punya pelikan.

Kantong itu digunakan pterosaurus untuk menampung ikan-ikan kecil yang ditangkap. Pterosaurus memakan ikan-ikan itu dengan gigi-gigi kecil yang mereka miliki. Karena ciri-ciri fisik yang mirip, pterosaurus akhirnya diberi nama Ikrandraci avatar.


"Struktur kepala pterosaurus mirip Ikran dalam film Avatar. Ada bentuk seperti pisau pada bagian rahang bawahnya," ujar Wang, seperti dilaporkan Reuters, Jumat, 12 September 2014.

Pterosaurus diketahui sebagai vertebrata terbang pertama yang ada di Bumi. Mereka hidup antara 220 juta tahun hingga 65 juta tahun lalu. Menurut perkiraan, hewan ini punah setelah asteorid menghantam Bumi dan menghabiskan seluruh koloninya.

sumber: Reuters
Share this post :

Posting Komentar

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Intelpedia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger